Rabu, 02 Oktober 2013

MAKALAH MANAJEMEN RISIKO DALAM PERBANKAN


BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Salah satu tonggak penting dalam pengembangan ekonomi Syariah di Indonesia adalah beroperasinya perbankan Syariah yang manakala sejak diterbitkannya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan memungkinkan bagi bank-bank Konvensional menjalankan Dual Banking System atau Bank Konvensional tersebut dapat mendirikan divisi Syariah.
Dengan adanya undang-undang tersebut bank-bank konvensional mulai melirik dan membuka unit-unit usaha Syariah. Tak heran jika perkembangan perbankan Syariah mulai pesat di Indonesia. Sebelumnya pada bank maupun unit syariah hanya boleh melayani calon nasabah di kantor cabang syariah atau kantor cabang pembantu.
Namun sejak Office-Channeling yang didasari Peraturan Bank Indonesia No. 8/3/PBI/2006 tentang Perubahan Kegiatan Usaha Bank Umum Konvensional Menjadi Bank Umum Yang Melaksanakan Kegiatan Usaha Berdasarkan Prinsip Syariah Dan Pembukaan Kantor Bank Yang Melaksanakan Kegiatan Usaha Berdasarkan Prinsip Syariah Oleh Bank Umum Konvensional dan berlaku efektif Mei 2007 pelayanan jasa financing, seperti pembukuan rekening, setoran, transfer, kliring, dan tarik tunai bisa dilakukan di cabang bank umum yang memiliki unit Syariah. Bank Islam (Islamic bank) adalah bank yang pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip syariat Islam. Saat ini banyak istilah yang diberikan untuk menyebut entitas bank Islam selain istilah bank Islam itu sendiri, yakni bank tanpa bunga (interest-free bank), bank tanpa riba (lariba bank), dan bank syariah (shari’a bank). Sebagaimana akan dibahas kemudian, di Indonesia secara teknis yuridis penyebutan bank Islam mempergunakan istilah resmi “bank syariah”, atau yang secara lengkap disebut “bank berdasarkan prinsip syariah”. Konsep teoritis mengenai Bank Islam muncul pertama kali pada tahun 1940-an, dengan gagasan mengenai perbankan yang berdasarkan bagi hasil. Berkenaan dengan ini dapat disebutkan pemikiran-pemikiran dari penulis antara lain Anwar Qureshi (1946), Naiem Siddiqi (1948) dan Mahmud Ahmad (1952). Uraian yang lebih terperinci mengenai gagasan pendahuluan mengenai perbankan Islam ditulis oleh ulama besar Pakistan, yakni Abul A’la Al-Mawdudi (1961) serta Muhammad Hamidullah (1944-1962) . Rintisan praktek perbankan Islam di Indonesia dimulaipada awal periode 1980-an, melalui diskusi-diskusi bertemakan bank Islam sebagai pilar ekonomi Islam. Pertumbuhan bank syariah di Indonesia sendiri diawali dengan dikeluarkannya Undang–Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan yang kemudian disempurnakan oleh Undang–Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan yang memberikan peluang yang lebih luas bagi Bank Syariah untuk menyelenggarakan kegiatan usaha, termasuk pemberian kesempatan kepada bank umum konvensional untuk membuka kantor cabang yang khusus melaksanakan kegiatan berdasarkan prinsip syariah atau bahkan mengkonversi diri secara total menjadi Bank Syariah.

B.     Rumusan Masalah
1.      Jelaskan pengertian manajemen risiko dalam akuntansi ?
2.      Klasifikasikan system pengendalian risiko akuntansi perbankan ?
3.      Deskripsikan struktur organisasi pelaksana akuntansi ?

C.    Tujuan / Manfaat
1.      Untuk Mengetahui Definisi manajemen risiko dalam akuntansi
2.      Untuk Mengetahui system pengendalian risiko akuntansi perbankan
3.      Untuk Mengetahui struktur organisasi pelaksana akuntansi











BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Manajemen Risiko dalam Akuntansi Perbankan

Istilah manajemen memiliki berbagai pengertian. Secara universal manajemen adl penggunaan sumberdaya organisasi utk mencapai sasaran dan kinerja yg tinggi dalam berbagai tipe organisasi profit maupun non profit.

 Definisi  manajemen yg dikemukakan  oleh Daft (2003:4) sebagai berikut: “Management is the attainment of organizational goals in an effective and efficient manner through planning organizing leading and controlling organizational resources”.Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya organisasi.

Plunket dkk.(2005:5) mendefinisikan manajemen sebagai “One or more managers individually and collectively setting and achieving goals by exercising related functions (planning organizing staffing leading and controlling) and coordinating various resources (information materials money and people)”.

Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan satu atau lbh manajer yg secara individu maupun bersama-sama menyusun dan mencapai tujuan organisasi dgn melakukan fungsi-fungsi terkait (perencanaan pengorgnisasian penyusunan staf pengarahan dan pengawasan) dan mengkoordinasi berbagai sumber daya (informasi material uang dan orang).
Manajer sendiri menurut Plunket dkk.(2005:5) merupakan people who are allocate and oversee the use of resources jadi merupakan orang yg mengatur dan mengawasi penggunaan sumber daya.

Lewis dkk.(2004:5) mendefinisikan manajemen sebagai: “the process of administering and coordinating resources effectively and efficiently in an effort to achieve the goals of the organization.” Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan proses mengelola dan mengkoordinasi sumber daya-sumber daya secara efektif dan efisien sebagai usaha utk mencapai tujuan organisasi.

Menurut Mary Parker Follet yg dikutip oleh Handoko (2000:8) manajemen merupakan seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini mengandung arti bahwa para manajer mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain utk melaksanakan berbagai tugas yg mungkin diperlukan.



B.     System Pengendalian Risiko Akuntansi Perbankan
Boston Consulting Group (BCG) mengelompokkan resiko dalam sistem pengendalian akuntansi perbankan menjadi tiga, yaitu :

a. Credit Risk
Merupakan kerugian yang diakibatkan oleh kegagalan (default) debitor yang tidak dapat memenuhi kewajibannya sesuai dengan perjanjian kredit .

b. Market Risk
 Merupakan resiko kerugian dalam nilai portofolio yang diakibatkan oleh fluktuasi tingkat suku bunga, fluktuasi nilai tukar, fluktuasi harga komoditi, dan fluktuasi harga saham.

c. Operational Risk
Merupakan resiko kerugian yang langsungmaupun tidak langsung diakibatkan oleh kegagalan atas proses-proses operasional yang kurang memadai. Bentuknya antara lain human fraud risk, information technology risk, operational credit and noncredit risk. Resiko operasional sebagian besar diakibatkan oleh kegagalan internal perusahaan dalam menerapkan sistem pengendalian internalnya.

C.    Struktur Organisasi Pelaksana Akuntansi
Dalam banyak organisasi, akuntansi, komputasi, dan pemrosesan data semuanya diorganisasi di bawah chief information officer (CIO). Divisi semacam ini tidak hanya menjalankan fungsi pencatatan akuntansi tradisional, tetapi juga berbagai fungsi komputasi.
EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM DAN PROSEDUR AKUNTANSI PERSEDIAAN OBAT-OBATAN (Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik) Oleh : Edith Irma Amanda ABSTRAK Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik merupakan satusatunya rumah sakit milik pemerintah yang ada di kota Gresik. Rumah sakit ini termasuk dalam Rumah Sakit Umum Pemerintah kelas B1 dan menerima rujukan pasien dari puskesmas-puskesmas kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik. Pada umumnya pasien yang ada RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik terdiri dari masyarakat golongan menengah ke bawah. Dari hal ini dapat dilihat bahwa sebagian besar tindakan penyembuhan atau rehabilitasi medis pada RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik tergantung pada persediaan obat-obatan dan mempunyai tingkat perputaran obat-obatan yang tinggi. Tingkat perputaran obat-obatan yang tinggi ini menyebabkan diperlukannya pengelolaan, pengawasan dan pengendalian yang baik terhadap persediaan obat-obatan supaya tidak terjadi kehilangan dan kerusakan persediaan obat, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansinya dan menghindari terjadinya penyelewengan yang dapat merugikan pihak rumah sakit. Oleh karena itu, penelitian ini mengambil masalah tentang bagaimana penerapan sistem dan prosedur akuntansi persediaan obat-obatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik serta apakah pelaksanaan sistem dan prosedur akuntasi persediaan obat-obatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Ibnu Sina Kabupaten Gresik sudah sesuai dengan tujuan sistem pengendalian intern. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, jadi penelitian ini merupakan penelitian terhadap suatu objek atau suatu set kondisi pada masa sekarang dan hasilnya berupa . Fokus dari penelitian ini adakal struktur organisasi, sistem akuntansi persediaan obat-obatan yang terdiri atas prosedur perencanaan dan penentuan kebutuhan, peosedur pengadaan, prosedur penyimpanan, prosedur pendistribusian, prosedur penghapusan dan prosedur penghitungan fisik persediaan. Sedangkan fokus penelitian yang terakhir adalah mengenai formulir atau dokumen yang digunakan pada sistem yang bersangkutan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa sistem dan prosedur akuntansi persediaan obat-obatan pada RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik yang telah diterapkan tersebut masih memiliki kelemahan-kelemahan yang dapat merugikan pihak RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Kelemahan-kelemahan tersebut antara lain mengenai fungsi floor stock yang kurang efektif, penggambaran struktur organisasi yang kurang lengkap, permintaan pembelian dari gudang yang hanya dibuat rangkap satu sehingga dapat menyebabkan kesalahan pencatatan, perangkapan fungsi gudang yang selain menerima dan menyimpan obat juga menerima faktur yang berisi harga obat-obatan dan sekaligus member harga obat-obatan, pelaksanaan penghapusan obat oleh orang-orang yang kurang tepat, penghitungan fisik yang masih sangat sederhana yang dapat menyebabkan penyelewengan, kesalahan penyebutan formulir pada formulir persediaan, dan pengotorisasian formulir yang masih lemah. Sistem akuntansi persediaan obat-obatan tersebut dapat berjalan dengan baik apabila dilakukan beberapa perbaikan pada unsure-unsurnya. Adapun perbaikan yang disarankan adalah menghapus posisi floor stock yang kurang efektif dan tugasnya dilakukan oleh unit gudang, penggambaran struktur organisasi yang lebih lengkap, membuat formulir permintaan pembelian rangkap dua, penerimaan faktur dan pemberian harga obat dilakukan oleh urusan administrasi, pembentukan panitia penghapusan obat-obatan gabungan tetapi yang penghapusan obat secara langsung tidak boleh dilakukan oleh apoteker dan asisten apoteker dari instalasi farmasi, nama formulir diganti dari kartu persediaan menjadi kartu gudang, penambahan kolom tanggal kadaluwarsa dan kolom keterangan pada kartu gudang, serta pengotorisasian yang baik oleh pihak-pihak yang terkait supaya tidak terjadi penyelewengan yang dapat merugikan pihak RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik.


Rumah Sakit Hewan Universitas Airlangga Surabaya merupakan Rumah Sakit Hewan Milik Pemerintah. Sebagai suatu unit usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan, maka sebagian besar tindakan penyembuhan atau rehabilitasi medis pada rumah sakit hewan tergantung pada persediaan obat-obatan dan mempunyai tingakat perputaran obat-obatan yang cukup tinggi. Tingkat perputaran obat-obatan yang cukup tinggi ini menyebabkan diperlukan pengeloloaan, pengawasan dan penegendalian yang baik terhadap persediaan obat-obatan supaya tidak terjadi kehilangan dan kerusakan persediaan obat, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansinya dan menghindari terjadinya penyelewengan yang dapat merugikan pihak rumah sakit. Oleh karena itu, penelitian ini mengambil masalah tentang bagaimana penerapan sistem dan prosedur akuntansi persediaan obat-obatan pada Rumah Sakit Hewan Universitas Airlangga Surabaya serta apakah pelaksanaan sistem dan prosedur akuntansi persediaan obat-obatan pada Rumah Sakit Hewan Universitas Airlangga Surabaya sudah sesuai dengan tujuan sistem pengendalian interen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, jadi penelitian ini merupakan penelitian terhadap suatu objek atau kondisi pada masa sekarang dan hasilnya. Fokus dari penelitian ini adalah struktur organisasi, sistem akuntansi persediaan obat-obatan yang terdiri atas prosedur perrencanaan dan penentuan kebutuhan, prosedur pengadaan, prosedur penyimpanan, prosedur pendistribusian, prosedur penghapusan dan prosedur penghitungan fisik. Sedangkan fokus penelitian terakhir adalah mengenai formulir atau dokumen yang digunakan pada sistem yang bersangkutan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, menunjukan bahwa sistem dan prosedur akuntansi persediaan obat-obatan pada RSH Universitas Airlangga Surabaya yang telah diterapkan tersebut masih memiliki kelemahan-kelamahan yang dapat merugikan RSH Universitas Airlangga Surabaya. Kelemahan-kelemahan tersebut antara lain pengambaran struktur organisasi yang kurang lengkap, permintaan pembelian dari gudang yang hanya dibuat rangkap satu sehingga dapat menyebabkan kesalahan pencatatan, perangkapan fungsi gudang yang selain menerima dan menyipan obat juga menyelesaikan urusan pembayaran serta bagian pembelian, pelaksanaan penghapusan obat oleh orang-orang yang kurang tepat, kesalahan pembuatan formulir dan pengontrolisasian formulir yang masih lemah. Sistem akuntansi persediaan obat-obatan tersebut dapat berjalan dengan baik apabila dilakukan beberapa perbaikan pada unsur-unsurnya. Adapun perbaikan yang disarankan adalah pengambaran struktur organisasi yang lebih lengkap, membuat formulir pembelian rangkap dua, keuangan dan pembelian obat sebaiknya dilakukan bagian administrasi dan keuangan, pembentukan panitia penghapusan obat-obatan, kartu stok dibuat rangkap dua, penambahan kolom kadarluwarsa dan kolom keterangan pada kartu stock, serta pengontrolisasian yang baik oleh pihak-pihak yang terkait supaya tidak terjadi penyelewengan yang dapat merugikan pihak RSH Universitas Airlangga Surabaya. Keywords : Sistem AkuntansiPersediaan, Obat-obatan, Sruktur Organisasi, Rumah Sakit Hewan


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
 Definisi  manajemen yg dikemukakan  oleh Daft (2003:4) sebagai berikut: “Management is the attainment of organizational goals in an effective and efficient manner through planning organizing leading and controlling organizational resources”.Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya organisasi.

Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan satu atau lbh manajer yg secara individu maupun bersama-sama menyusun dan mencapai tujuan organisasi dgn melakukan fungsi-fungsi terkait (perencanaan pengorgnisasian penyusunan staf pengarahan dan pengawasan) dan mengkoordinasi berbagai sumber daya (informasi material uang dan orang).
Manajer sendiri menurut Plunket dkk.(2005:5) merupakan people who are allocate and oversee the use of resources jadi merupakan orang yg mengatur dan mengawasi penggunaan sumber daya.

Lewis dkk.(2004:5) mendefinisikan manajemen sebagai: “the process of administering and coordinating resources effectively and efficiently in an effort to achieve the goals of the organization.” Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan proses mengelola dan mengkoordinasi sumber daya-sumber daya secara efektif dan efisien sebagai usaha utk mencapai tujuan organisasi.

Menurut Mary Parker Follet yg dikutip oleh Handoko (2000:8) manajemen merupakan seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini mengandung arti bahwa para manajer mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain utk melaksanakan berbagai tugas yg mungkin diperlukan.
Dalam banyak organisasi, akuntansi, komputasi, dan pemrosesan data semuanya diorganisasi di bawah chief information officer (CIO). Divisi semacam ini tidak hanya menjalankan fungsi pencatatan akuntansi tradisional, tetapi juga berbagai fungsi komputasi.
System Pengendalian Risiko Akuntansi Perbankan
Boston Consulting Group (BCG) mengelompokkan resiko dalam sistem pengendalian akuntansi perbankan menjadi tiga, yaitu :

a. Credit Risk
Merupakan kerugian yang diakibatkan oleh kegagalan (default) debitor yang tidak dapat memenuhi kewajibannya sesuai dengan perjanjian kredit .

b. Market Risk
 Merupakan resiko kerugian dalam nilai portofolio yang diakibatkan oleh fluktuasi tingkat suku bunga, fluktuasi nilai tukar, fluktuasi harga komoditi, dan fluktuasi harga saham.

c. Operational Risk
Merupakan resiko kerugian yang langsungmaupun tidak langsung diakibatkan oleh kegagalan atas proses-proses operasional yang kurang memadai. Bentuknya antara lain human fraud risk, information technology risk, operational credit and noncredit risk. Resiko operasional sebagian besar diakibatkan oleh kegagalan internal perusahaan dalam menerapkan sistem pengendalian internalnya.

B.     Saran
Dalam banyak organisasi, akuntansi, komputasi, dan pemrosesan data semuanya diorganisasi di bawah chief information officer (CIO). Divisi semacam ini tidak hanya menjalankan fungsi pencatatan akuntansi tradisional, tetapi juga berbagai fungsi komputasi.





DAFTAR PUSTAKA
( Mahendra Bungalan / CN33 / SMNetwork
 Puji Rahayu  19.15
Posted by Muhammad Ali at 18:04 
Labels: IPTEKManajemen
Posted by ria noviyanti at 03:21
Hatifudin, (2004), “Pengaruh Kebijakan Bank Indonesia Terhadap Perkembangan Bank Syariah di Indonesia”, Tesis Master, Yogyakarta: UII.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar